Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Eung.net
Berita Drama TV, Musik K-Pop, Film & Artis Korea

X1 Sama Sekali Belum Terima Honor Sejak Debut

Agensi dari boy-group X1 memberikan responnya terkait laporan bahwa X1 belum mendapatkan upah atas kerja mereka.

 

X1 debut pada tanggal 27 Agustus beranggotakan 11 finalis hasil dari Mnet ‘Produce X 101’. Semenjak debut, X1 telah meraih pencapaian yang luar biasa melalui penjualan album fisik serta pada grafik digital. Mereka juga melakukan promosi pada berbagai acara dan variety show. Menurut sebuah laporan dari portal berita Sports Seoul pada tanggal 11 November, para anggota X1 beserta agensi yang menaungi boy-group tersebut belum menerima pembayaran atas kerja mereka.

 

Beberapa perwakilan industri mengatakan bahwa dengan situasi yang sekarang, nasib dari X1 pun sangat sulit untuk diprediksi serta tidak ada jaminan bahwa mereka akan mendapatkan honor yang layak untuk kerja keras yang telah mereka lakukan sampai detik ini.

 

Namun sumber dari agensi para anggota X1 mengklarifikasi laporan tersebut. Seorang perwakilan agensi dari salah satu anggota X1 berkomentar, “X1 baru memulai debutnya 3 bulan yang lalu, jadi wajar saja jika belum waktunya mereka menerima honornya. Walaupun keuntungan telah dicapai dari penjualan album fisik dan digital, perlu waktu untuk mengurus keuntungan yang telah didapatkan.”

 

Seorang perwakilan agensi dari anggota X1 yang lain pun turut berkomentar, “Itu tergantung pada kontrak, tetapi umumnya pembayaran dilakukan setiap tiga bulan. Sudah sekitar tiga bulan sejak debut X1, jadi sejauh yang kami ketahui keuntungan dari penjualan album digital dan fisik mereka belum diurus secara lebih lanjut. Jika honor belum diterima, itu hal yang wajar.”

 

Minggu lalu, diberitakan bahwa X1 belum menandatangani kontrak dengan CJ ENM. Segera setelah ‘Produce X 101’ berakhir, muncul kecurigaan bahwa suara yang menentukan 11 finalis dimanipulasi. Polisi mulai menyelidiki kecurigaan tersebut, tetapi CJ ENM mengumumkan keputusan mereka untuk melanjutkan debut X1. Akibatnya, agensi dari beberapa anggota X1 menyatakan bahwa mereka ingin menandatangani kontrak mereka dengan CJ ENM setelah melihat bagaimana hasil investigasi akan berubah.

 

Rencana untuk boy-group X1 di masa mendatang saat ini ditunda karena Ahn Joon Young, direktur produksi yang bertanggung jawab pada ‘Produce 101’, mengaku memanipulasi hasil ‘Produce X 101’ dan ‘Produce 48’ setelah ditangkap atas dugaan penipuan dan pelanggaran kepercayaan.

Eung/Healy.

Ruangan komen telah ditutup.